Beranda > Seputar Berita > Trafik Telepon Telkomsel Meningkat Hingga 1.7 Miliar menit

Trafik Telepon Telkomsel Meningkat Hingga 1.7 Miliar menit

Jakarta – Telkomsel memperkirakan jumlah panggilan telepon yang dilakukan 78 juta pelanggan selulernya pada hari Lebaran nanti mencapai 1,7 miliar menit atau meningkat 54%
dibanding periode yang sama tahun lalu dengan jumlah panggilan 1,1 miliar menit.

Sementara untuk layanan pesan singkat (SMS), anak usaha Telkom itu memperkirakan lonjakannya bisa mencapai 750 juta SMS atau naik 37% dibandingkan periode sama tahun lalu dengan 545 juta SMS.

“Kenaikan trafik paling tinggi saat mudik jelang Lebaran biasanya terjadi di Jawa Tengah dan Jawa Timur,” ungkap Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno, seperti
detikINET kutip dari pernyataan tertulisnya, Jumat (11/9/2009).

Untuk mengantisipasi kenaikan trafik tersebut, Telkomsel telah menyetel kemampuan kapasitas Visitor Location Register (VLR) yang ada di 29 ribu base transceiver
station (BTS) agar mampu menampung 96 juta nomor dengan kapasitas perpindahan pelanggan mudik bervariasi antara 20% hingga 25%.

Sementara untuk jasa SMS, kemampuan dari SMS center (SMSC) telah ditingkatkan agar mampu mengirim pesan hingga 80 ribu SMS per detik. Di hari biasa, operator seluler ini mengirimkan 360 juta SMS per hari.

“Kami juga mengimplementasikan teknologi Enhanced Full Rate (EFR) yang bisa meningkatkan kapasitas handling trafik komunikasi menjadi dua kali lipat,” jelas dirut Telkomsel.

Berkaitan dengan layanan data 3G dan BlackBerry, kapasitas bandwitdh yang disediakan juga telah ditingkatkan menjadi 80 Mbps dari tahun lalu yang hanya 10 mbps.
Sedangkan khusus untuk layanan 3G sendiri, jaringan Telkomsel telah ditunjang oleh 4000 node B untuk BTS 3G dengan kapasitas bandwitdh 6 Gbps.

Sumber: detik.com

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s