Beranda > Seputar Berita > Iklan Pemilu 2009…

Iklan Pemilu 2009…

Iklan PKS, Gerindra, PDIP Tercerdas


Sejumlah iklan parpol di media massa, khususnya televisi, dinilai cerdas. Efeknya dapat mendongkrak popularitas parpol maupun caleg. Dari sekian banyak iklan parpol, manakah yang paling cerdas?

“Iklan politik Partai Gerindra, PKS, dan PDIP termasuk iklan yang cerdas. Iklan-iklan 3 parpol itu termasuk iklan provokatif dan subtansinya mencerdaskan masyarakat,” kata ahli marketing politik dari FE UI Firmanzah di Gedung DPD, Jakarta, Rabu (18/3).

Dituturkan dia, iklan PKS yang menempatkan figur Pak Harto sebagai pahlawan dan iklan mengenai swasembada pangan mendapat perhatian publik. Begitu juga iklan sembako murah yang disampaikan PDIP termasuk cerdas karena mudah menarik perhatian masyarakat.

Sedangkan iklan yang disampaikan Gerindra mendapat perhatian masyarakat karena menumbuhkan kesadaran baru mengenai masa depan.

“Kampanye provokatif yang efektif mendapat perhatian publik ditandai dengan adanya program yang ditawarkan. Iklan akan mencerdaskan apabila disertai program,” ujar Firmanzah.

Kecenderungan iklan politik di masa mendatang, jelas dia, adalah adu program. Dengan adu program, maka keberadaan tokoh tidak terlalu penting.

Kampanye Presiden AS, katanya, juga diwarnai adu program. Capres dari Partai Demokrat John McCain menyatakan pajak perlu diturunkan agar perusahaan bisa berinvestasi secara lebih luas. Sedangkan Barack Obama menyatakan pajak justru perlu dinaikkan agar negara memperoleh pendapatan lebih besar agar belanja pemerintah bisa lebih besar.

“Kampanye adu program itu akan semakin menonjol di Indonesia. Saat ini sudah mulai,” tandas Firman

Sumber: www.inilah.com

  1. Juni 14, 2014 pukul 10:29 am

    bookmarked!!, I reɑlly liκe ʏouг blog!

  2. April 10, 2009 pukul 10:54 pm

    Tragis jika PKS betul2 berkoalisi dengan SBY bahlul si pelindung bisnis kafir, saatnya PKS merapat ke partai2 Islam lainnya yang telah mereka gembosi suaranya dan berjuang bersama mereka untuk kemshalahatan umat. INSYA ALLAH!

    Buktikan bahwa dana umat yang telah disedot untuk iklan politik PKS memang benar2 untuk kepentingan umat Islam, bukan kepentingan petinggi PKS saja, buktikan hijaumu PKS!
    Jangan biarkan dirimu dianggap sebagai partai pragmatis dan oportunis, itu memalukan!

    Buat para kader, saatnya kita mawas diri dan berkaca kembali akan manuver2 petinggi PKS yang haus kekuasaan saat ini, mari kembali melayani masyarakat dalam tatanan bermasayarakat yang lebih Islami, daripada sekedar tercuci otak dan terjebak dalam permainan partai!
    Tujuan kita awalnya mendukung PKS adalah untuk mengagungkan Islam, bukan untuk kepentingan kekuasaan para petinggi partai, dan sayangnya banyak kader yang tidak menyadarinya!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s