Beranda > Kesehatan > Anoreksia, Penyakit atau Kegilaan si penderita?

Anoreksia, Penyakit atau Kegilaan si penderita?

Penyakit atau kegilaan si penderita yang menginginkan tubuhnya kurus?anorexia1

siapa yang tak menginginkan keindahan tubuh yang elok dan memiliki nampak yang indah. Gangguan Anoreksia Nervosa merupakan merupakan contoh yang amat khas dimana gangguan pada sistem tubuh dipengaruhi oleh adanya oleh adanya faktor psikis. Penderita Anoreksia Nervosa mengalami kemunduran atau bahkan terhentinya perkembangan kepribadian sejak fase oral (Sigmund Freud’s). Hal tersebut antara lain tercermin dari kegagalan integrasi sensasi tubuh yang normal sebagai akibat trauma psikologis yang dialaminya pada masa kanak-kanak. Penderitanya memiliki dorongan spontan untuk menurunkan berat badan dan kehendak paksa untuk menjadi kurus walupun sensasi lapar tidak hilang. Anoreksia Nervosa dapat dipandang sebagai reaksi pertahanan terhadap penekanan ego, yang dapat menyebabkan perasaan tak berdaya pada tuntutan kenyataan. Penolakan makanan yang dilakukan oleh penderita Anoreksia Nervosa biasanya dengan cara membuangnya, menyembunyikannya ataupun memuntahkannya dengan sengaja, yaitu dengan cara mengorek kerongkongannya dengan jarinya setelah makan.

Gangguan yang timbul pada penderitanya antara lain berupa kurusnya tubuh (emasiasi), tidak mengalami menstruasi (amenorea) dan gangguan pencernaan. Jika penderita mengalami kekurangan gizi yang serius, maka bisa terjadi kelainan pada berbagai organ tubuh utama, misalnya jantung. Kerja jantung menjadi semakin lemah dan memompa lebih sedikit darah ke seluruh tubuh. Penderita mudah mengalami dehidrasi dan cenderung sering pingsan.

Muntah dan pemakaian obat pencahar akan semakin memperburuk keadaan ini. Dalam kasus ekstrim, bisa terjadi kematian mendadak, yang kemungkinan disebabkan oleh irama jantung yang abnormal.
Bagaimana solusinya? Penderita kelainan Anoreksia nervosa dapat diobati, yaitu dengan mengembalikan berat badan normal serta terapi psikis yang diimbangi dengan pemberian obat-obatan. Penderita didorong makan, jika tidak mau lewat mulut akan dilakukan lewat infus (di rumah sakit).

  1. Februari 26, 2013 pukul 1:57 am

    Hi, I do think this is a great website. I stumbledupon it 😉 I am going to come back yet again since I saved as a favorite it.
    Money and freedom is the best way to change,
    may you be rich and continue to guide other people.

  2. Februari 21, 2013 pukul 8:06 am

    Hi there! I’m at work browsing your blog from my new iphone 3gs! Just wanted to say I love reading through your blog and look forward to all your posts! Keep up the excellent work!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s